Langsung ke konten utama

Cerita Kana


Dulu ketika sekolah gak munafik bahwa hal yang paling ditunggu-tunggu itu bel pulang sekolah. Saya juga seperti itu, bedanya saya gak langsung pulang. Saya sengaja berlama-lama diperjalanan, kebetulan jarak rumah dengan sekolah itu jauh banget. Jadi ada alesan buat pulang telat. “Macet ma, angkotnya ngetem mulu!”. Rumah saya berada di Pondok Aren dan sekolah di SMPN 48 Kebayoran Lama, kebayangkan jauhnya.

Dengan berlama-lama di perjalanan saya menemukan banyak hal, gak juga sih memang lebih suka berada di luar daripada di rumah aja. Rasa-rasanya gaenak aja lah kalo di rumah. Oke skip. 

Ketika diperjalanan pulang saya lebih suka jalan kaki dan akan naik angkot ketika udah cape aja. Dari situ saya seringkali memerhatikan keadaan sekitar, dimulai dari tukang buah lontar yang selalu mangkal di lampu merah perdatam, sering juga diajak ngobrol sama ibu-ibu yang naek angkot bareng, dan sampe saya tau akan bertemu siapa saja ketika lagi nunggu angkot D18.

Dan ketika mau berganti angkot dari D18 ke 09 jagung di perempatan lampu merah Bintaro Plaza saya sering beli gorengan dulu disitu, gorengannya enak banget apalagi risolnya. Tapi sayangnya abangnya udah gak mangkal disitu lagi semenjak diperbagusnya tu jalanan. Padahal abangnya udah hafal banget sama saya. Ketika saya baru turun angkot aja dia langsung nyapa, “Neng, beli gorengan gak?” sebenernya agak takut sih cuma karena emang enak banget ya beli aja lah ditambah abangnya baik sering kasih bonus hahahah makasi bang! Tau aja perjalanan jauh.

Pada saat itu saya gak pernah minta jemput atau dikasih uang lebih buat naik ojek, karena saya paham, lebih tepatnya dipaksa untuk mengerti keadaan bahwa saya gak seberuntung anak-anak lain yang pulang sekolah dijemput orang tuanya, dijajanin, atau diajak makan dulu sebelum pulang ke rumah. Manusiawi kalo saya iri sama mereka, siapa coba yang gak mau hidup dikasihi oleh orang tua sebegitu hebatnya.

Toh juga saya gak bisa protes apapun.

Udah syukur waktu pagi saya dianterin sekolah, walaupun dianterinnya paling terakhir sih. Aban dulu baru saya, karena itu jadi langganan telat dan sering ketemu Bu Sri sampe main kucing-kucingan sama guru piket. Saya sudah protes beberapa kali bahwa saya sering telat karena hal tersebut, tapi gak begitu dihiraukan. Katanya, “aban dulu baru kamu, dia kalo telat gabisa masuk”. Anying, lu kira aing bisa masuk haaaaaa, kalo bukan karena kebaikan Bu Sri juga gak dibukain gerbang sama Pak Alam.

Menurut saya, ini cukup gak adil. Dari kecil aban terus dinomer satukan, emang sih anak kesayangan mau ngelakuin kesalahan apapun juga tetep bakal diperhatiin. Permasalahannya disini aban itu siap-siap nya lama, masa dia yang lelet aing yang harus nanggung resikonya sih. Dan ketika pulang sekolah pun aban dijemput, lah aing, aing naek angkot coyyy, ni sebenernya yang ade siapa yang abang siapa. Bangke juga.

Tapi dipikir-pikir terlepas dari perasaan iri itu saya cukup senang sih. Kalo gak seperti itu saya gak pernah tau gorengan terenak, gak tau rasanya dibayarin ongkos sama ibu-ibu, gak tau rasanya jadi tempat curhat supir angkot tentang masalah hidupnya, dan gak tau rasanya ketiduran di angkot sampe kebablasan.

Gak bisa dipungkiri pasti ada yang lebih buruk dari cerita saya, tapi jangan dibandingkan ya. Karena setiap orang punya porsi rasa sakitnya masing-masing. 

It's oke Kana!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

?

mungkin 1 - 2 tahun yang lalu saya terus bertanya-tanya kenapa semua ini harus terjadi dan kenapa harus saya yang mengalami? kenapa untuk hidup saya harus dipukul segininya? kenapa saya gak bisa punya orang tua yang show off kasih sayang ke anaknya? dan kenapa ayah saya malah melecehkan saya?  lalu, kenapa untuk mendapatkan sesuatu harus menyakiti orang lain dulu? tuhan sayang gak sih sama makhluk ciptaannya? dan satu persatu pertanyaan-pertanyaan itu harus saya jawab (sendiri) entah tuhan yang jengah melihat saya terus bertanya-tanya dan akhirnya saya langsung dihadapkan sendiri dengan peristiwa yang saya pertanyakan. "nih biar lo bisa mikir kenapa silahkan simpulin sendiri" ya, pada akhirnya saya harus menderita, sakit, dipukul, diinjak dulu jika saya menginginkan jawaban.  beliau mungkin mau nunjukkin kalau saya itu kuat atas semua kesakitan yang dia kasih. atau dia mau ngetest saya ya? kalau mau ngetes jangan lama-lama dong tuhan, saya cuma manusia saya bisa capek saya ju...

KataKan-A

  Semenjak peristiwa itu, mimpi bagiku hanyalah sebuah khayalan belaka, tidak menarik, membosankan, tidak akan pernah terwujud. Aku menjalani hidup mengikuti arah angin yang membawaku pergi, mungkin bisa dikatakan aku manusia tanpa harapan. Konyol banget. Hari demi hari berpergian tanpa kompas dan tanpa validasi yang cukup, sedikit membuatku mengerti arti hidup yang sebenarnya. Dulu, aku beranggapan manusia hidup tujuannya adalah untuk mati. Aku salah, seiring perjalanan yang sudah aku tempuh sejauh ini, ternyata arti hidup lebih dari itu, beraneka ragam, ada banyak pilihan, kamu cukup memilih 1 atau 2 arti dan kamu dapat hidup bahagia dengan itu. Kamu yang harus memilih, bukan orang tua, bukan teman, bukan saudara, bukan pacar, apalagi abang-abang burger. Mereka hanya berperan sebagai tour guide kamu di dunia, tour guide kamu menjalani kehidupan yang kamu inginkan. Tetap kamu yang harus memilih. Masih banyak perjalanan yang harus ku lakukan. Perjalanan untuk menemukan apa yang a...

23rd

Menjadi dewasa tanpa figure orang tua sangat amat susah dan berat untuk melangkah sendiri, bangun sendiri, jatuh sendiri.   Menurutku dewasa adalah masa di mana kamu harus menerima dan mengikhlaskan segala hal yang tidak sesuai keinginan. Apalagi dunia tidak selamanya baik sama kamu, hal-hal baik gak selamanya kembali ke kamu itu akan baik juga. Just let go kalo gak sesuai harapan kamu, kalau pertanyaan-pertanyaan itu terus di menari-nari di atas kepala, you can’t go anywhere.   Ya I am still learning how to make a better life for me. I am learning from my friends perspective, my partner too, and even from strangers I can learn something about life. Sometimes good and maybe bad, its life right?.   But someone said, “parents its your first school”. Ya mungkin emang di beberapa orang terjadinya seperti itu, but I never get good learning from my first school. Lalu saya gak harus mengikuti hal yang menurut saya itu tidak baik kan?. Because my body is my responsi...